Media sharing tanpa batas

Cara membuat text berjalan / marquee text

2 komentar
Hallo sobat blogger, selamat pagi.. Pada artikel kali ini saya akan share cara membuat Text berjalan atau sering disebut juga Marquee Text.

Bagi yang belum mengetahui apa itu marque dapat melihat contoh nya dibawah ini :

-Selamat Datang di Situs Bintang blogger-

Untuk membuat text marque tersebut sobat hanya perlu menggunakan tag HTML <margue>. untuk lebih jelasnya silahkan lihat script dibawah ini :


<marquee onmouseover='this.stop()' onmouseout='this.start()' marquee direction="left" scrollamount="2" align="center" &gt;Selamat datang di situs bintang blogger</marquee>

Nah sukup mudah kan.. Baiklah sekarang saya akan coba jelaskan satu persatu. Marquee selalu dibuka dengan tag <marquee> dan ditutup dengan </marquee>.

Direction berfungsi untuk mengatur arah dari mana text tersebut muncul. Sobat bisa menggantinya dengan Left untuk kiri, Right untuk kanan, Up untuk Atas, dan Down untuk bawah.

Scrollamount berfungsi untuk mengatur kecepatan text marquee itu sendiri. Sobat bisa mengatur kecepatan dengan cara mengganti angka dua diatas dengan level kecepatannya. Semakin besar maka akan semakin cepat dan begitu pula sebaliknya.

Align berfungsi untuk mengatur alignment atau tata letak. Sobat juga bisa menggantinya dengan left utuk rata kiri, right untuk rata kanan, center untuk rata tengah, dan justify untuk rata baris.

Terakhir sobat dapat memasukkan text marqueenya setelah < dan sebelum >/

Ya mungkin cukup artikel kali ini... Jika ada pertanyaan jangan sungkan-sungkan untuk bertanya di kolom komentar. Semoga sobat tambah mahir lagi dalam blogging..